Senin, 19 Januari 2009

Air dan Pohon Pisang

Air merupakan salah satu anugerah yang tiada tara yang diberikan oleh sang pencipta secara cuma-cuma. Aku yakin seluruh makhluk hidup membutuhkan air walaupun kapasitas kebutuhannya berbeda-beda.

Bila kita perhatikan perilaku air, dia akan selalu mengalir ketempat yang lebih rendah walaupun banyak penghalang atau rintangan yang menghadangnya, dia akan mencari celah untuk bisa ia lalui untuk selanjutnya mengalir ke tujuan semula. Ia takkan berhenti sebelum sampai ke tujuannya.

Seyogyanya manusia juga demikian, ia takkan pernah berhenti sebelum sampai tujuannya.

Ambillah contoh ketika kita melakukan ibadah yang berupa sholat dan ibadah-ibadah lainnya. Kita niatkan sejak awal hanya untuk sang pencipta (Alloh) murni, karena segala sesuatu tergantung dari niat awalnya. Ketika di seperempat, pertengahan, atau hampir selesai perjalanan ada berbagai macam godaan, abaikanlah karena tujuan kita bukanlah itu tapi Alloh. Dan kita juga bisa menerapkannya ke hal-hal lainnya.

Bicara emang gampang, tapi kalau kita sering berlatih pasti bisa. Seperti halnya bayi yang sedang belajar berjalan, walaupun berulang kali ia jatuh tetap saja mencoba dan mencoba… sampai akhirnya sukses.

Pohon pisang adalah tanaman yang bila kita tebang berapa kalipun akan tetap tumbuh sampai ia berbunga yang kemudian menjadi buah yang bisa kita nikmati. Filosofinya sama seperti air, janganlah pernah menyerah sebelum sampai tujuan yang akhirnya bisa memperoleh kesenangan yang bisa kita nikmati.

Masih banyak segala sesuatu dialam yang bisa kita jadikan ibroh (pelajaran).
Nantikan cerita selanjutnya…

5 komentar:

Mardee W Mengatakan..

baguuss.. :)

obat stroke Mengatakan..

aku suka dengan info nya gan... senang banget deh

obat glukoma Mengatakan..

pisang apa dulu ini ???

obat kanker usus Mengatakan..

nyimak deh,,,, biar lebih jelas

obat stroke Mengatakan..

saya suka post nya :D

Posting Komentar

Silahkan isi komentar Anda, terima kasih..